Kajari Ucapkan Selamat Ulang Tahun PMI

Kejari Jember – Kapala Kejaksaan Negeri Jember Prima Idwan Mariza, SH., M. Hum., mengucapkan selamat kepada PMI Jember yang menggelar peringatan Hari Ulang Tahun ke-74.

Peringatan HUT PMI itu dengan menggelar upacara di Alun-alun Jember, Selasa, 17 September 2019. Tema yang diangkat dalam peringatan tahun ini “Kita Tangguh Indonesia Maju.”

“Selamat ulang tahun untuk PMI di hari ulang tahunnya yang ke-74. Kami ikut bangga atas inovasi PMI Jember yang kemudian diadopsi PMI pusat untuk diterapkan secara nasional,” kata Kajari.

Lebih jauh Kajari mengungkapkan, Kejaksaan Negeri Jember senantiasa bekerja sama dengan PMI Jember dalam melaksanakan bakti sosial maupun akssi-aksi kemanusiaan.

Salah satunya adalah donor darah yang setiap tahun dilaksanakan untuk memperingati Hari Adhyaksa dan Adhyaksa Dharma Karini.

Sementara itu, Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR yang menjadi inspektur upacara mengungkapkan ada tiga inovasi PMI Jember yang diadopsi PMI pusat.

Inovasi itu adalah R2 Blood Jet, yakni pengantaran darah cepat menggunakan kendaraan roda dua. Inovasi lainnya yakni pembinaan Korps Sukarela (KSR) dan pemberian SK Unit KSR dan Unit Palang Merah Remaja (PMR).

“Selaras dengan tema peringatan HUT ke-74 PMI, yaitu Kita Tangguh Indonesia Maju, melalui ketangguhan masyarakat, melalui ketangguhan pemuda, ketangguhan bangsa dan negara dapat kita wujudkan,” kata Bupati.

Setelah upacara, PMI Jember menggelar simulasi evakuasi mandiri bencana alam. Simiulasi ini diperagakan oleh murid-murid sekolah dasar.

Menempati tiga tenda, simulasi diawali dengan proses belajar mengajar. Kemudian terjadi getaran yang semakin membesar diikuti teriakan para siswa.

Puluhan siswa yang telah mendapat pelatihan sigap mengangkat tangan di atas kepala. Mereka juga menggunakan tas untuk melindungi kepala.

Bersama guru, siswa siswi itu berlari menuju titik kumpul. Sementara itu, beberapa siswa yang telah ikut PMR Mula memberikan pertolongan kepada temannya yang mengalami luka.

Motor dan mobil dari PMI juga datang setelah dihubungi pihak sekolah, yang melakukan evakuasi korban luka berat.

Dalam kesempatan itu, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Ahmad Nuril Alam, SH., MH. berfoto bersama siswa siswi usai simulasi.

Puluhan siswa siswi pemeran simulasi tersebut berasal dari SD Al Baitul Amin, SD Al Furqon, dan SDN Sumbersari 05. (din)

Related posts