Baksos Kesehatan, Kejari Jember Tingkatkan Kesadaran Hukum Masyarakat

Kejari Jember – Kejaksaan Negeri Jember bersama Lembaga Kesehatan Nahdatul Ulama (LKNU) Cabang Jember dan PT Rolas Nusantara Medika (RNM) menggelar pengobatan gratis untuk memperingati Hari Lahir ke-94 NU.

Kegiatan bakti sosial tiga lembaga yang dilaksanakan pada Selasa, 28 Januari 2020, ini dipusatkan di Desa Subo, Kecamatan Pakusari. Sekitar 150 warga menjadi peserta.

Selain mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan gratis, masyarakat mendapatkan pengetahuan tentang kesehatan serta pemahaman hukum.  

Kepala Kejaksaan Negeri Jember, Dr. Prima Idwan Mariza, SH., M.Hum., menjelaskan, keikutsertaan kejaksaan dalam kegiatan sosial membuktikan jaksa tidak hanya terkait dengan perkara.

Melalui media bakti sosial ini, jaksa menjalankan tugasnya meningkatkan kesadaran hukum masyarakat.

“Sebab, di undang-undang kejaksaan menyebutkan peningkatan kesadaran hukum merupakan tanggung jawab jaksa,” terangnya.

Kajari dalam kesempatan tersebut juga mengajak masyarakat untuk mematuhi ajaran agama.

Dengan mengikuti ajaran agama maka tidak akan bersinggungan dengan perkara yang diatur dalam undang-undang pidana.  

Menyinggung fasilitas kesehatan, Kajari mendorong NU dengan LKNU-nya mampu membuka klinik dan rumah sakit untuk menjaga kesehatan masyarakat di Kecamatan Pakusari.

Kepada wartawan, kajari menegaskan memiliki target mewujudkan Jember sebagai kota literasi hukum nasional. “Hukum bermanfaat dan denyut kehidupan di Kabupaten Jember ini berdasarkan aturan-aturan yang ada,” jelasnya.

Ketua LKNU Irma Prasetyowati mengatakan, bakti sosial ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan LKNU.

Ke depan, pihaknya akan terus melakukan kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kesehatan masyarakat.

“Akan banyak kegiatan yang akan kami laksanakan untuk kesehatan masyarakat Jember,” ujar Irma dalam sambutannya.

Sejumlah tokoh masyarakat dan pejabat hadir dalam kegiatan tersebut. Diantaranya Rois Syuriah PCNU Jember KH Muhyiddin Abdussomad, Kepala  Divisi Pelayanan dan Manajemen Risiko PT Rolas Nusantara Medika MS Jamal Adi Sucipto, Kepala Desa Subo Yani Romyatun, Camat Pakusari A. Fauzi, serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat. (din)

Related posts