Sudahlan : Bekerja untuk Mengabdi ke Negara dan Keluarga

Kejari Jember – Saat memasuki ruangannya, dia tampak memeriksa sebuah buku dan menulis sesuatu. Senyumnya juga mengembang.

Dia adalah Ahmad Sudahlan Efendi, SH. Pria ini adalah satu dari tiga pegawai Kejaksaan Negeri Jember yang terpilih sebagai pegawai teladan untuk triwulan pertama tahun 2020.

“Saya merasa senang. Tentunya, dari perasaan senang ini ada beban juga,” tuturnya saat ditanya perasaannya setelah terpilih sebagai pegawai teladan.

Baginya, terpilih sebagai pegawai teladan merupakan beban tersendiri. Predikat pegawai teladan adalah amanah pimpinan.

Dahlan, panggilan akrabnya, mengaku tidak menemukan kendala dalam bekerja. Toh jika ada kesulitan, ia selalu berkoordinasi dengan pimpinan untuk mendapatkan arahan.

Pria yang sekarang menjabat sebagai Kaur Kepegawaian Kejaksaan Negeri Jember ini mengaku bekerja dengan prinsip mengabdi kepada negara dan keluarga.

“Keluarga menjadi dorongan untuk bekerja secara disiplin dan bertanggung jawab,” ujarnya, seraya mengaku sebelumnya juga pernah terpilih sebagai pegawai teladan.

Kepala Sub Bagian Pembinaan, Herman Nurrahman, SH., menjelaskan, pemilihan pegawai teladan ini dilakukan karena melihat pegawai yang memiliki tanggung jawab yang tinggi dan sangat berpengaruh terhadap disiplin kerja.

Untuk kreteria pegawai teladan, lanjutnya, yaitu memiliki inisiatif yang tinggi, integritas yang tinggi, hasil kerjanya baik, berkomunikasi dengan baik, dan mudah beradaptasi.

Penilaian dilakukan dengan melihat evaluasi kehadiran dalam melaksanakan tugas yang dibuktikan dengan rekapitulasi daftar hadir, melalui penilaian prestasi kerja, dan kemampuan bekerja sama.

Selain itu, pegawai dinilai berdasar pengetahuan terhadap tugas dan fungsi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing, inisiatif dan kreatifitas melalui rekomendasi atasan langsung, kwalitas pekerjaan melalui rekomendasi atasan langsung.

“Serta integritas, yakni mampu memegang janji, bekerja keras dan bekerja dengan rajin,” ujarnya. “Dan penilaiannya dilaksanakan setiap tiga bulan,” terangnya, Rabu, 29 April 2020.

Terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri Jember, Dr. Prima Idwan Mariza, SH., MHum., berharap pegawai yang terpilih sebagai pegawai teladan ini mampu lebih meningkatkan kinerjanya.

“Agar mereka bekerja lebih efektif lagi, bekerja lebih cerdas, bekerja tuntas, dan ikhlas,” tandasnya.

Pemilihan pegawai teladan ini berasal dari jaksa, tata usaha, dan honorer. Ketiga pegawai yang terpilih yakni Dedi Joansyah Putra, SH., Ahmad Sudahlan Efendi, SH., dan Evi Dwi Lestari, A.Md. Dalam kesempatan tri wulan pertama tahun 2020 ini, ketiganya mendapatkan apresiasi dari Bank BRI Cabang Jember. (din)

Related posts