Kajari Apresiasi Upaya HIPMI Jember Agar Tak Terjerat Hukum

Kejari Jember – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jember, Dr. Prima Idwan Mariza, SH., M.Hum., mengapresiasi Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kabupaten Jember yang tidak ingin anggotanya terjerat masalah hukum dalam menjalankan usahanya.

“Pengurus HIPMI Jember tidak ingin pengurus dan anggotanya tersangkut masalah hukum. Ini sangat kami apresiasi,” kata Kajari usai pelantikan pengurus BPC HIPMI Jember, Sabtu, 18 Juli 2020, di salah satu hotel di Jember.

Menurut Kajari, cita-cita itu telah ditindaklanjuti dengan melakukan audiensi dengan Kejaksaan Negeri Jember, jauh sebelum wabah Covid-19 melanda. Pada kesempatan pertemuan itu disepakati untuk menjalin kerja sama.

“Kerja sama menciptakan pengusaha muda yang taat hukum, taat norma, taat azas dan usahanya tetap berkembang secara sehat dan mandiri,” terang Kajari.  

Kajari juga menyampaikan, kerja sama itu bisa berupa pelatihan pembuatan kontrak. Untuk hal ini, Kejari Jember mempunyai Jaksa Pengacara Negara (JPN) yang paham aturan-aturan hukum perdata dan tata usaha negara.  

Bisa juga nantinya pelatihan terkait tindak pidana korupsi. “Kalau, semisal ada dana hibah dari pemerintah yang dikelola oleh HIPMI,” ujarnya.

Sementara itu, Nur Rizal Arif menyatakan telah bersinergi dengan Kejaksaan Negeri Jember untuk menghindari hal-hal yang tidak perlu terjadi pada pengurus HIPMI Jember.

“Kami mengharapkan setiap kegiatan yang dilakukan oleh pengurus HIPMI Jember harus mematuhi semua aturan-aturan dan aspek hukum yang ada di Kabupaten Jember,” kata pria yang menjabat Ketua BPC HIPMI Jember periode 2020 – 2023 ini.

Dia juga menegaskan sudah beraudiensi dengan Kajari Jember untuk menjalin sinergi di bidang hukum. “Ke depan, nantinya kami akan selalu berkoordinasi terus dengan kejaksaan,” ujarnya.

Beberapa hal yang bisa disinergikan diantaranya terkait dengan tata cara kontrak antara pengusaha dengan stakeholder HIPMI.

“Karena kejaksaan tentu lebih memahami peraturan-peraturan yang berkaitan dengan hukum,” katanya didampingi Bendahara HIPMI Jember Restu Prayogi.

Pada momen pelantikan itu juga ditampilkan atraksi dua pesohor (talent) Jember Fashion Carnaval (JFC). Juga memamerkan produk unggulan para pengusaha muda yang tergabung dalam HIPMI Jember. (din)

Related posts