Pencanangan Gema Patas, Kajari Jember : Bisa Memberikan Kepastian Hukum

 

Kejari Jember – Kejaksaan Negeri Jember memberikan dukungan kepada gerakan masyarakat pemasangan tanda batas (Gema Patas) yang dicanangkan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pada Jum’at 3 Februari 2023.

“Dukungan kami tidak lepas dari aspek hukum, bahwa tanda batas bidang tanah yang telah dipasang bisa memberikan kepastian hukum,” terang Kepala Kejari Jember I Nyoman Sucitrawan, SH., MH., saat hadir dalam pencanangan Gema Patas di Kabupaten Jember.

Perlu diketahui, Gema Patas merupakan gerakan yang dilakukan oleh masyarakat para pemilik tanah untuk memasang tanda batas tanah sesuai batas tanah yang dimilikinya.

Gerakan serentak se-Indonesia ini menargetkan satu juta pemasangan tanda batas bidang tanah. Kegiatan pencanangan Gema Patas dipusatkan di Cilacap dan diikuti oleh seluruh Kantor Pertanahan di seluruh Indonesia.

Di Kebupaten Jember, Jawa Timur, Gema Patas digelar di pendapa kantor Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang.

“Pencanangan Gema Patas ini kami harapkan mampu meningkatkan kesadaran hukum serta kesadaran untuk menjaga tanda batas bidang tanah masing-masing,”  harap Kajari Jember.

Memasang dan menjaga tanda batas bidang, menurut Kajari Jember, bisa mencegah dan meminimalisir konflik pertanahan. Terutama konflik batas bidang tanah antara satu warga dengan warga lainnya, maupun instansi dengan masyarakat.

Kajari Jember juga berharap Gema Patas bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendaftarkan kepemilikan tanahnya. Baik secara mandiri maupun secara kolektif melalui program pemerintah yaitu program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Pencanangan Gema Patas di Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang dihadiri Kepala Kantah Jember Akhyar Tarfi, Kepala Kejari Jember I Nyoman Sucitrawan, Asisten Pemkab Jember, Lurah Bintoro, Polres Jember, Kodim, serta sejumlah undangan lainnya. (din)

Baca juga :

Gedung Kantor Bapenda Jember Direhab, Seksi Datun Siap Berikan Pendampingan

 

Cabang Dinas Pendidikan Jatim Kerja Sama Hukum dengan Kejari Jember

 

HIPMI dan Kejari Jember Kolaborasi untuk Pembangunan Perekonomian

 

 

Bagikan Ke:

Related posts