Harkitnas ke-114, Kajari Ajak Merawat Perjuangan untuk Bangkit Bersama

Kejari Jember – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 menjadi momentum untuk selalu merawat perjuangan Boedi Oetomo dalam melalui masa depan bangsa, utamanya saat ini pandemi Covid-19.

“Semangat Boedi Oetomo masih sangat relevan dengan kondisi kita saat ini. Mari terus berjuang di tengah kondisi ekonomi pada masa pandemi saat ini,” tutur Kepala Kejaksaan Negeri Jember I Nyoman Sucitrawan, SH., MH.

“Bergerak sedikit demi sedikit untuk bangkit bersama. Kita mesti memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan dan memperkuat persatuan,” imbuhnya usai upacara peringatan Harkitnas 2022, Jum’at, 20 Mei 2022.

Harkitnas di Kabupaten Jember diperingati dengan menggelar upacara di Alun-alun Jember. Wakil Bupati Jember MB Firjaun Barlaman menjadi inspektur upacara.

Dalam kesempatan itu, Wabup Firjaun membacakan pidato peringatan Harkitnas ke-114 dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny Plate.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini, hendaknya tidak hanya kita dimaknai sebagai seremonial saja. Sebab, Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional, yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” ucapnya.

Dan hingga saat ini, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini.

“Hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19, juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia,” kata Firjaun. (din)

Related posts