HBA Ke-60, Berikut Rangkaian Peringatannya di Kejari Jember

Kejari Jember – Kejaksaan Republik Indonesia pada 22 Juli ini akan genap berusia 60 tahun.

Serangkaian kegiatan untuk memperingatinya telah disiapkan oleh Kejaksaan Negeri Jember.

Ketua panitia peringatan, Triyono Yulianto, SH., MH., menjelaskan, kesiapan untuk memperingati ulang tahun Kejaksaan RI itu diwujudkan dengan membentuk panitia serta merencanakan serangkaian kegiatan.

Triyono menjelaskan, kepanitiaan HBA ke-60 Kejaksaan RI tertuang dalam SK Kepala Kejaksaan Negeri Jember nomor KEP-09 / M. 5. 12 / Cum. 1 / 06 / 2020.

SK tertanggal 17 Juni 2020 tersebut tentang penyelenggaraan dan pembentukan panitia Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke-60 tahun 2020 pada Kejari Jember.

“Tema HBA ke-60 yakni Terus Bergerak dan Berkarya. Tema ini secara nasional, sesuai keputusan Jaksa Agung nomor 121 tahun 2020 tentang tema HBA tahun 2020,” terangnya, Senin, 13 Juli 2020.

Rangkaian kegiatan yang akan digelar diantaranya seminar nasional secara daring pada Senin, 13 Juli 2020.

Kemudian donor darah yang dilaksanakan bekerja sama dengan PMI Jember, pada Selasa, 14 Juli.

Dilanjutkan pada hari berikutnya, Rabu 15 Juli, dengan aksi sosial memberikan santunan kepada anak yatim piatu di panti asuhan.

Peringatan kali ini juga tidak meninggalkan tradisi Kejari Jember untuk silaturahim dengan para purnaja atau para pensiunan Kejari Jember.

Namun, Triyono menjelaskan, silaturahim yang direncanakan pada 20 Juli itu  dilakukan dengan cara panggilan video melalui telepon seluler.

“Situasi Covid-19 masih harus membuat kami berhati-hati,” ungkap pria yang juga Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan ini.

Kegiatan berikutnya adalah ziarah nasional ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Patrang pada 21 Juli pagi.

Siang harinya, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Jember menggelar tasyakuran HUT ke-20 di kantor Kejari Jember.

Kemudian pada puncak acara, Rabu 22 Juli, digelar upacara peringatan HBA ke-60 yang dipimpin secara virtual oleh Jaksa Agung Dr. H. ST. Burhanuddin.

Usai upacara digelar tasyakuran bersama keluarga besar Kejaksaan Negeri Jember dan diikuti oleh media massa di Jember, dilanjutkan dengan pers rilis terkait capaian kinerja Kejari Jember selama setahun.

Kepala Seksi Intelijen, Agus Budiarto, SH., MH., menambahkan, pelaksanaan serangkaian kegiatan peringatan HBA ke-60 memperhatikan protokol kesehatan pada masa pendemi Covid-19 yang di Jember belum selesai sepenuhnya.

“Meski dalam situasi cukup memprihatinkan, kami tetap menekankan pentingnya HBA ini, sebagaimana makna yang terkandung dalam tema Terus Bergerak dan Berkarya,” pungkasnya. (din)

Related posts